Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kota Payakumbuh Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih persiapan pemilu 2024

Bawaslu Kota Payakumbuh Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih persiapan pemilu 2024

Badan Pengawas Pemilihan Umum Kota Payakumbuh menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan dalam rangka persiapan menghadapi penyelenggaraan pemilu dan pemilihan Tahun 2024 mendatang. 

Kegiatan digelar di Kantor Bawaslu Kota Payakumbuh di Jl. Rasuna Said Ruko Petak No.5 Kel Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur, senin pagi 7 Februari 2022, kegiatan ini dihadiri oleh KPU Kota Payakumbuh, Disdukcapil, Lapas Kelas IIB Payakumbuh, Dandim 0306 Lima Puluh Kota, Polres Payakumbuh, Gerkatin Payakumbuh, Wartawan/Media serta Camat Se-Kota Payakumbuh. 

Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh Muhamad Khadafi dihadapan peserta Rakor mengatakan Silaturahmi serta diskusi ini sangat penting bagi kita sebagai upaya menciptakan dan mengawal proses demokrasi berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan regulasi yang ada, menghadapi pesta demokrasi 2024 yakni pemilu dan pemilihan serentak secara Nasional pada 2024 mendatang ada beberapa yang yang harus kita persiapkan secara maksimal seperti hari ini Bawaslu Kota Payakumbuh fokus terhadap pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, sampai saat ini kita masih terus turun ke lapangan terkait data pemilih Berkelanjutan ini, untuk memastikan agar tidak ada satupun masyarakat yang kehilangan hak pilihannya. 

Bawaslu akan terus mengawal proses menyempurnaan Data Pemilih ini terutama bagi Pemilih pemula yang akan ikut memberikan hak pilih pada pemilu 2024 mendatang, kita ambil contoh mereka siswa kelasnya X hari ini merupakan calon Pemilih pemula nantinya, kita akan menjalin kerjsama dengan Sekolah Menengah Atas yang ada di kota payakumbuh agar nantinya Pemilih pemula ini dapat di Data dengan baik sehingga tidak ada yang kehilangan hak pilihnya, ujar Khadafi. 

Sementara Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal, Suci Wildanis menyebutkan bahwa Data Pemilih sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan Pilkada serentak nanti, untuk itu pihaknya rutin menggelar silaturahmi dan Rakor dengan berbagai pihak. 

” Silaturahmi melalui Forum ini sangat penting kita gelar terkait data pemilih, sehingga kedepannya pengawasan oleh Bawaslu berjalan dengan baik, sebab Data Pemilih sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan Pemilu itu sendiri,” ujar Suci.

Ia juga menambahkan, Data Pemilih hingga saat ini terus bergerak, dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Sumbar yang lalu mencapai 93.671 hingga Januari menjadi Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) naik menjadi 93.930 pemilih.